Menengok Kiprah 4 Manajer dengan Gaji Paling Mahal di Premier League

Posted on

Premier League sekarang tengah diisi manajer-manajer teratas di beberapa timnya. Liga yang populer keras ini dapat mengundang perhatian beberapa pelatih hebat untuk coba peruntungannya di Inggris.

Untuk menarik pelatih-pelatih hebat itu, seringkali satu club berani bayar mahal untuk beberapa nama besar di dunia kepelatihan. Hal itu jadi lumrah, sebab manager lah fondasi penting satu team untuk mencetak kemenangan.

Tertera beberapa nama pelatih sukses sekarang masih ada di Premier League musim 2020/21. Josep Guardiola serta Jose Mourinho yang dari dahulu jadi lawan sekarang menggarap dua team besar Premier League, Manchester City serta Tottenham Hotspur.

Lantas tengah musim tempo hari, Carlo Ancelotti mengundang perhatian sebab ingin menggarap Everton. Don Carlo yang populer pimpin team-team juara seperti AC Milan, Paris Saint-Germain, Real Madrid serta Bayern Munchen sukses ditarik Everton yang notabenenya adalah club papan tengah.

Pasti ada dana besar yang digulirkan untuk amankan jasa-jasa pelatih itu. Pep Guardiola jadi pelatih dengan upah paling tinggi yang capai 20 juta pounds atau Rp381,3 miliar. Di bawahnya ada Jose Mourinho, Jurgen Klopp serta Carlo Ancelotti.

4. Carlo Ancelotti (Everton) – 11,5 juta pounds/musim

Everton mengagetkan ranah Premier League ditengah-tengah bergulirnya musim tempo hari. Club dari Merseyside ini sukses datangkan Carlo Ancelotti, pelatih yang mempunyai perolehan keren semasa kariernya.

Everton juga harus bayar mahal pelatih juara ini, Carlo Ancelotti sekarang berpenghasilan 11,5 juta pounds atau Rp218,2 miliar per musim. Harga yang sebanding untuk manager yang sudah mendapatkan tiga piala Liga Champions itu. 

Dengan instruksi Carlo Ancelotti sekarang Everton sedang tampil bagus diawalnya musim. Catatan kemenangan Everton juga lebih baik di masa Ancelotti. Dari 25 pertandingan pimpinan Don Carlo, Everton menang 12 kali, seri 6x, serta kalah 7x.

3. Jurgen Klopp (Liverpool) – 15 juta pounds/musim

Jurgen Klopp jadi pelatih yang mempunyai upah sama dengan Jose Mourinho yakni 15 juta pounds (Rp284,7 miliar) per musim. Sebelum berlabuh di Liverpool, Jurgen Klopp memang mempunyai karismanya tertentu.

Borussia Dortmund yang saat itu diasuh sukses dibawa juara Bundesliga dengan cara berturut-turut pada musim 2010/11 serta 2011/12. Hal sama selanjutnya dilakukan di Liverpool sesudah club menunggu gelar Premier League semasa 30 tahun.

Tidak cuma itu Jurgen Klopp sukses bawa Liverpool berjaya di Liga Champions. Liverpool juga kembali pada perform terbaik saat diasuh Klopp. Semenjak diasuh Klopp, The Reds sekarang sudah mendapatkan 164 kemenangan, 57 seri serta 46 kalah.

2. Jose Mourinho (Tottenham Hotspur) – 15 juta pounds/musim

Pelatih flamboyan ini sarat dengan pro-kontra, tetapi dibalik itu semua Jose Mourinho adalah figur pintar di dunia kepelatihan. Jose Mourinho adalah figur eksper di Premier League.

The Special One sudah terlatih menggarap club besar Premier League seperti Chelsea serta Manchester United. Dengan pengalamannya lumrah bila Jose Mourinho digaji sampai 15 juta pounds atau Rp284,7 miliar per musim.

Dengan kesukaannya memberi piala di club yang diasuhnya, Tottenham juga ikhlas bayar mahal pelatih dari Portugal ini. Di Tottenham, Mourinho sudah jalani 39 laga dengan perolehan 19 kemenangan, 8 seri serta 12 kalah.

1. Pep Guardiola (Manchester City) – 20 juta pounds/musim

Guardiola adalah figur berlimpah piala di dunia kepelatihan. Tim-tim besar seperti Barcelona serta Bayern Munchen sudah merasai tangan dingin dari Pep Guardiola.

Dengan pengalaman serta keahliannya, Manchester City juga ikhlas bayar 20 juta pounds sama dengan Rp381,3 miliar per musim untuk amankan layanan pelatih dari Spanyol ini. Hasilnya juga memberi kepuasan, Manchester City sukses mendapatkan delapan piala dari Guardiola.

Premier League juga sudah ditaklukan 2x oleh Guardiola pada musim 2017/18 serta 2018/19. Semasa ditukangi Pep Guardiola dari 240 kompetisinya, City sukses mendapatkan 180 kemenangan, 25 seri serta cuma 35 kali kalah.

(Bola.net/Muhammad Raka Saputra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *